Golkar Pendaftar Pertama Parpol Peserta Pemilu 2019

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) DPP Partai Golkar Hetifah Sjaifudian (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Golkar bakal menjadi parpol pertama yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019. Hal ini menunjukkan partai beringin sebagai parpol paling siap memenuhi persyaratan parpol peserta Pemilu 2019 –yang terdiri atas pemilu presiden-wakil presiden (pilpres) dan pemilu anggota legislatif (pileg).

Jadwal pendaftaran parpol peserta pemilu di KPU mulai Rabu besok, 3 Oktober 2017. Pendaftaran ditutup pada 16 Oktober.

“Kami sudah menyiapkan semua persyaratan pendaftaran sebagai parpol peserta pemilu. Tanggal 3 Oktober besok, kami akan menjadi partai pertama yang mendaftar,” ujar RI Hetifah Sjaifudian, wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) DPP Partai Golkar, di Jakarta, Senin, 2 Oktober 2017.

Sejak pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019, Golkar telah melakukan konsolidasi internal. Langkah ini khusus ditujukan untuk menyiapkan segala persyaratan sebagai peserta pemilu.

Untuk daerah otonom baru, masih menurut Hetifah, DPP Golkar mendorong semua pengurus DPD di provinsi dan kabupaten/kota untuk segera menyelesaikan semua persyaratan. Bentuknya berupa pemenuhan kebutuhan administrasi dan menghadapi verifikasi faktual.

“Struktur kepengurusan dari tingkat pusat hingga daerah terus berupaya mempersiapkan hal-hal yang menjadi syarat peserta pemilu. Daerah otonom baru seperti Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Mahakam Ulu termasuk di dalamnya,” kata politikus Golkar asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Timur-Kalimantan Utara.

[Baca juga: Untuk Keterwakilan, Diusulkan Caleg Perempuan di Nomor Urut Pertama]

Dijelaskan pula, penelitian administratif parpol akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2017 hingga 15 November 2017. Sedangkan verifikasi faktual akan dilaksanakan pada 15 Desember 2017 hingga 5 Februari 2018. Pengumuman penetapan parpol peserta pemilu dilaksanakan pada 17 Februari 2018.

Berikut kepengurusan partai di daerah otonom baru yang mengikuti penelitian administratif dan verifikasi faktual sebagai syarat Pemilu 2019:

1. Provinsi Kalimantan Utara
2. Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
3. Musi Rawas Utara
4. Pesisir Barat
5. Pangandaran
6. Malaka
7. Mahakam Ulu
8. Banggai Laut
9. Morowali Utara
10. Kolaka Timur
11. Konawe Kepulauan
12. Muna Barat
13. Buton Selatan
14. Buton Tengah
15. Mamuju Tengah
16. Pulau Taliabu
17. Pegunungan Arfak, dan
18. Manokwari Selatan

()Madi Cakra


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here