Empat Parpol Baru Jalani Verifikasi di KPU Kota Sukabumi

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, Jawa Barat (Istimewa/wartasukabumi.com)

KOTA SUKABUMI, PemiluUpdate.com – Empat partai politik baru yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Idaman, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) mengikuti proses verifikasi parpol peserta Pemilu 2019 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum Kota Sukabumi mulai 3-16 Oktober 2017.

Meski sudah terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesabngpol) Kota Sukabumi, keempat parpol harus mengikuti proses verifikasi untuk bisa bersaing bersama parpol lain sebagai peserta Pemilu 2014 lalu.

“Empat partai baru yang sudah terdaftar di Kesbangpol yakni Perindo, Partai Idaman, PSI, dan Parsindo. Hari ini, kami undang mereka bersama parpol lain dalam sosialisasi pendaftaran verivikasi peserta Pemilu 2019,” Komisioner KPU Kota Sukabumi Dedi Setiadi di salah satu hotel di bilangan Jalan Siliwangi, Kota Sukabumi, Senin, 02 Oktober 2017.

Teknisnya, jelas Dedi, tim verifikator KPU Kota Sukabumi akan melihat secara administrasi dan faktual di lapangan. Nantinya, tim akan mencocokkan berkas atau dokumen yang diserahkan partai politik. Meliputi, antara lain, sekretariat, susunan kepengurusan inti, surat keputusan, serta identitas anggota parpol bersangkutan yang dilengkapi dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan e-KTP.

“Verifikasi sekarang sudah menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Semua database akan terpusat ke KPU RI,” jelasnya.

Ditambahkan, jika dalam proses verifikasi administrasi terdapat kekurangan. KPU akan membuka ruang bagi partai politik untuk memperbaikinya selama dua kali. Hal serupa juga berlaku dalam proses verifikasi faktual.

“Namun bagi partai politik yang lama karena sekarang sedang judicial review Undang-Undang Pemilu, hanya mengikuti tahapan verifikasi administrasi. Sedangkan untuk parpol baru hingga ke tahapan verifikasi faktual,” tandas Dedi.

[Baca juga: Tsamara: Tak Logis PSI Disandingkan dengan Partai Idaman]

Kewenangan untuk memutuskan lolos tidaknya parpol yang sudah mengikuti proses verifikasi di tangan KPU RI, bukan KPU kota dan kabupaten.

“Kami hanya menyampaikan hasil verifikasi melalui Sipol ke KPU RI untuk menentukan lolos atau tidaknya parpol ikut jadi peserta Pemilu 2019,” ungkap Dedi.

Sementara itu DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Sukabumi mengaku siap mengikuti tahapan verifikasi administrasi dan faktual oleh KPU.

“Selain kesekretariatan, kami juga sudah mempersiapkan 2.000 lembar Kartu Tanda Anggota yang rencananya secara serentak akan didaftarkan pada 9 Oktober 2017 nanti tepat pukul 11.00 WIB,” tutur Ketua DPD Perindo Kota Sukabumi Adinda Maulana. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here