Hasbullah: Format Koalisi Pilgub Jabar Idealnya hingga Kabupaten/Kota

Ketua DPW PAN Jawa Barat Hasbullah Rahmad (kiri), Ketua DPW PPP Jawa Barat Ade Munawaroh Yasin (ke-2 kiri), Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Iwan R. Sulandjana (ke-3 kiri), dan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi (kanan) sebelum pertemuan tertutup di Kabupaten Bogor, Kamis malam, 14 September 2017. Pertemuan ini khusus membahas rencana Partai Gerindra bergabung dalam poros baru koalisi Pilgub Jawa Barat (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com).  

KOTA BANDUNG, PemiluUpdate.com – Ketua DPW PAN Jawa Barat (Jabar) Hasbullah Rahmad meminta seluruh pengurus DPD-nya yang bersiap mengikuti Pilkada serentak 2018 segera mengirimkan nama pasangan calon kepala daerah. Instruksi ini dimaksudkan untuk mempercepat mekanisme tahapan rekomendasi.

Salah satunya DPD PAN Kota Sukabumi, yang diminta dalam pekan ini juga mengirimkan nama duet kandidat berikut koalisi parpol yang dijalin.

“Tidak hanya Kota Sukabumi tetapi juga berlaku bagi 15 daerah lain yang menggelar pilkada,” ujar Hasbullah saat dimintai penjelasan oleh PemiluUpdate.com, Kamis, 28 September 2017.

Hasbullah menjelaskan bagi DPD PAN yang mulai final penggodokan calonnya segera melaporkan ke DPW. Proses ini bagian mekanisme tahapan rekomendasi sesuai dengan PP Nomor 3 Tahun 2014. “DPW ingin mempercepat mekanisme dan tahapan kalau daerah sudah siap,” tandasnya.


Format Ideal Koalisi

Soal arah koalisi di 16 daerah yang menggelar pilkada, apakah harus sama format koalisinya dengan Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat yakni PAN, Demokrat, PPP, dan Gerindra? Hasbullah menjawab bahwa komunikasi pilkada di kota dan kabupaten, serta pilgub idealnya pararel.

[Baca juga: Gerindra Gabung Poros Baru Pilgub Jabar, Bagaimana Nasib Demiz-Syaikhu?]

“Tapi kalaupun tidak bisa sama dengan koalisi di pilgub karena mereka sudah membangun komunikasi lebih awal di daerah, ya, kami serahkan kepada kearifan lokal di daerah,” katanya.


DPW Hargai DPD

Terkait arahan DPW PAN Jawa Barat, Ketua DPD PAN Kota Sukabumi Faisal Anwar secara terpisah mengaku pihaknya bersama dengan PPP yang tergabung di dalam Koalisi Masagi sudah menyiapkan pasangan calon serta koalisi partai untuk dilaporkan ke DPW.

“Sebelum waktunya, kami sudah selesai. Siap untuk diplenokan ke DPW dan DPP agar mendapatkan rekomendasi,” katanya.

[Baca juga: Selangkah Lagi Koalisi Segi Tiga Demokrat-Masagi-Gerindra?]

Koalisi Masagi, tegas Faisal, dua hari lalu sudah memutuskan pasangan calon yang akan diusung di Pilkada Kota Sukabumi 2018. Meski namanya masih dirahasiakan, namun Masagi siap bersaing dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan.

Terkait koalisi parpol yang terjadi di pilgub, Faisal mengaku memang sudah diarahkan oleh DPW harus sama yakni PAN, Demokrat, PPP, dan Gerindra. Namun dinamika daerah bisa saja berbeda karena DPD yang lebih tahu.

“DPP dan DPW menghargai daerah makanya dipersilakan untuk mematangkan arah koalisi partai. Bisa saja di Kota Sukabumi PAN berkoalisi dengan Nasdem, PDIP, Gerindra, PKB atau bahkan Demokrat yang juga ingin dengan kita,” Faisal merinci. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here