Sekda Jabar dan Kota Sukabumi Menanti Rekomendasi Resmi PDIP

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Hanafie Zein dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa di Kota Sukabumi, Rabu, 27 September 2017 (Herry Febrianto/PemiluUpdate.com)

KOTA SUKABUMI, PemiluUpdate.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Hanafie Zein bertemu dalam seminar di Gedung Juang 45, Kota Sukabumi, Rabu, 27 September 2017.

Iwa dan Hanafie pun sama-sama menunggu rekomendasi atau Surat Keputusan (SK) dari PDIP guna maju sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2018. Iwa mengincar calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Barat (Jabar). Hanafie kandidat wali kota atau wakil wali kota Sukabumi.

Iwa Karniwa termasuk di antara tiga sosok yang direkomendasikan ke DPP PDIP. Ia bersama Puti Pramantha Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarnoputri dan Bupati Majalengka Sutrisno.

Hanafie Zein yang sempat menjadi satu-satunya calon wali kota Sukabumi, belakangan harus bersaing dengan empat kandidat lainnya karena dilakukan penjaringan ulang. Keempatnya masing-masing Nova Andhika, Iwan Adhar Ridwan, Rudy Harsa Tanaya, serta Jhoni Setiawan.  

“Saya terus terang di luar dugaan. Ternyata sebagian besar masyarakat Jawa Barat menginginkan saya maju di Pilkada Jawa Barat,” aku Iwa Karniwa kepada PemiluUpdate.com di lokasi seminar.

Indikatornya, Iwan merujuk hasil survei Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung beberapa waktu lalu. Sempat berada di petingkat kelima pada April, lalu keempat pada Juni. Hasil survei terakhir mendudukkan dirinya di peringkat ketiga.

“Secara verbal dukungan ke saya datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), guru madrasah, nelayan, dan teman-teman berbagai profesi lainnya,” katanya.

Sebagai putra daerah, Iwa mengaku tidak bisa menolak dukungan yang datang dari berbagai elemen masyarakat. Iwa mendaftar langsung ke DPP karena di DPD PDIP sudah tutup. Semua persyaratan dan tes secara tertulis maupun wawancara sudah dilakoninya.

[Baca juga: Ikut Pilkada, Sekda Kota Sukabumi Tolak Mentah-mentah Imbauan Mendagri]

Selain karena masih menjabat sebagai sekretaris daerah, Iwa menegaskan alasannya memilih berlabuh di PDIP untuk membantu program Presiden RI Joko Widodo dengan menyelesaikan berbagai persoalan di Jawa Barat.

“Intinya saya siap apabila memang PDIP mengusung saya sebagai calon gubernur Jawa Barat,” tegasnya.


Iwa Dukung Hanafie

Langkah Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Hanafie Zein mencalonkan pada Pilkada 2018 disambut positif Iwa Karniwa. “Beliau lebih paham Kota Sukabumi,” Iwa berpromosi.

Hanafie yang mendapat dorongan dari seniornya tersebut mengaku memiliki hubungan dekat dari sisi kedinasan. “Saya dan beliau sama-sama birokrat dan dekat karena sebagai Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Saya sering minta bantu anggaran untuk Kota Sukabumi,” katanya.

[Baca juga: Sekda Ikut Pilkada, Wali Kota Sukabumi: Sebaiknya Segera Mundur]

Secara pribadi, Hanafie menambahkan dirinya siap dan tinggal menunggu mekanisme serta keputusan DPP PDIP. “Sekarang saya fokus kerja dulu saja sambil menunggu hasil akhir di DPP,” tuturnya.


Tunggu Keputusan DPP

Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana saat dikonfirmasi PemiluUpdate.com secara terpisah mengatakan tiga nama calon gubernur Jawa Barat dan lima calon wali kota Sukabumi yang direkomendasikan masih menunggu keputusan DPP.

“Semua calon sesuai peraturan partai sudah mengikuti setiap tahapan dan posisi mereka saat ini masih menunggu,” katanya.

Abdy mengaku belum mengetahui kapan DPP menurunkan SK calon karena sampai sekarang masih digodok. PDIP bekerja dengan target memenangi pilkada. ()Herry Febrianto 


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here