PPP Pamekasan Uji Enam Calon Kepala Daerah, Non-partai Lebih Berpeluang

Ilustrasi: Bendera Partai Persatuan Pembangunan (PPP) (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

PAMEKASAN, PemiluUpdate.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Pamekasan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon kepala daerah pada Pilkada 2018.

Tercatat tujuh calon bupati dan wakil bupati Pamekasan yang menghadapi tim penguji sejak Minggu lalu hingga Selasa, 26 September 2017. Para peserta memaparkan visi-misi dan gagaran programnya bila terpilih menjadi pemimpin Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, periode 2018-2023. Seorang di antaranya tidak hadir.

Tiga di antara para calon kepala daerah tersebut mendaftar sebagai calon bupati: Badrud Tamam, KH Kholilurrahman, dan Rudy Susanto. Sedangkan empat figur membidik kursi calon wakil bupati: Mas’ud Efendi Amien (purnawirawan TNI), Roja’i (kades Bujur Barat), Taufadi (pengusaha muda), dan Wazirul Jihad (mantan Sekretaris DPC PPP Pamekasan).

Hingga hari ketiga atau terakhir fit and proper test, Taufadi urung mengikuti proses penjaringan. Panitia seleksi menyebutkan yang bersangkutan tidak hadir karena pada waktu bersamaan harus mengikuti kegiatan yang tidak bisa ditinggalkannya.

“Hasinya nanti kita sampaikan ke DPP. Persoalan rekomendasi ke siapa, itu bukan wilayah kami. Itu wewenang DPP,” kata Ketua Pendaftaran Bakal Cakon Bupati dan Wakil Bupati DPC PPP Pamekasan Halili di Pamekasan, Selasa, 26 September 2017.

Mengenai kualitas para calon, Halili menyatakan visi-misi dan program mereka cukup bagus. Jika di antaranya ada yang memenangi pilkada nantinya, mereka diyakini bisa membawa perubahan lebih baik bagi daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. “Semua kandidat memiliki gagasan positif demi pengembangan dan pembangunan Pamekasan ke depan,” katanya.

[Baca juga: 79 Calon Kepala Daerah se-Jawa Barat Jalani ‘Fit and Proper’ di Gerindra]

Pelaksanaan uji tersebut bersamaan dengan kegiatan Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) DPC PPP Pamekasan. Rapimcab partai Ka’bah ini digelar di Gedung Serbaguna, Jalan Kabupaten, Pamekasan.


Hasil Survei

Survei internal DPC PPP Pamekasan menempatkan Badrud Tamam dan KH Kholilurrahman di posisi teratas calon terkuat bupati Pamekasan.

Kedua politikus PKB dinilai bagian kader terbaik di kabupaten tersebut. Badrud kini anggota DPRD Jawa Timur, sedangkan Kholilurrahman legislator di DPR-RI.

“Dua nama ini (Badrud Tamam dan Kholilurrahman) saling salip berdasar survei PPP,” kata Sekretaris DPW PPP Provinsi Jawa Timur Norman Zein Nahdi pada Rapimcab DPC PPP Pamekasan.

[Baca juga: Survei Calon Wali Kota Serang: Elektabilitas Nuraeni di Atas Vera]

Sedangkan survei posisi bakal calon wakil bupati, nama Halil (Kholil Asy’ari) menempati urusan teratas dibandingkan sosok lainnya. Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Pamekasan ini mengalahkan kader yang ikut mendaftar sebagai calon wakil bupati.

“Kalau Ust. Halil lebih tinggi. Itu hasil survei internal PPP. Tidak tahu kalau (lembaga) survei yang lain,” ungkap Norman, sosok yang sempat mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI pada pileg lalu.

Sekalipun figur non-partai yang memiliki potensi memenangi Pemilu Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Pemekasan 2018, PPP tetap mengedepankan kader internal partai untuk diusung maju sebagai kandidat kontestan Pilkada 2018. “Sementara kita akan tawarkan ke Khalil Asy’ari kalau beliau mau, ya, kita cari pasangan wakilnya,” tegas Norman lagi. ()RHD


[Surel Marketing/Redaksi: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here