‘Pemilu Update’ Dimanipulasi, Diduga oleh Tim Resmi Calon Wali Kota Gerindra

Akun 'Facebook' Kader Jaya yang mencomot laman PemiluUpdate.com dan memanipulasi nama serta logonya (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

KOTA BANDUNG, PemiluUpdate.com – Pengelola akun Facebook yang diduga kuat relawan pendukung Calon Wali Kota Sukabumi Dedi R. Wijaya mencomot dan memanipulasi laman situs web PemiluUpdate.com. Dedi adalah pejabat ketua DPP Partai Gerindra, bidang Perhubungan.

Akun ini bernama Relawan Kreatif Kader Jaya. Kader Jaya adalah kependekan “Kang Dedi R. Wijaya”. Sebagian besar informasi berupa narasi, grafis, foto, dan video yang ditayangkan akun ini berisi sosialisasi kandidat yang resmi diusung koalisi DPC Partai Gerindra dan DPC Partai Hanura Kota Sukabumi.

Nama dan logo web berita khusus pilkada, pileg, dan pilpres ini dipasang menjadi cover photo akun Kader Jaya sejak Senin, 25 September 2017. Selain itu beberapa image yang sama dijadikan isi status yang di-tag ke akun Facebook resmi pribadi Dedi, antara lain.

“Redaksi mengetahui ihwal pencomotan dan manipulasi tampilan nama dan logo oleh akun yang ditengarai milik relawan Pak Dedi dari beberapa rekan di Kota Sukabumi. Sambil menginformasikan praktik pencatutan itu, teman-teman mengatakan ulah relawan dimaksud ramai di media sosial,” ujar Pemimpin Redaksi PemiluUpdate.com Ridwan Ewako di Kota Bandung, Selasa, 26 September 2017.

Dijelaskan, bentuk manipulasi yang dilakukan yakni mengganti logo yang berupa ilustrasi surat suara berwarna putih di atas lubang kotak suara, dengan foto kandidat Dedi. Logo ini tepat di sisi kiri nama situs web.

Manipula dimaksud, menurut Ewako, jelas mengesankan PemiluUpdate.com berafiliasi pada kandidat tertentu pada Pilkada 2018.

“Padahal kebijakan resmi kami independen, bukan bagian parpol dan kandidat kepala daerah manapun. Situs web ini hadir dengan semangat hendak menjadi bagian pembelajaran politik bagi masyarakat luas,” tutur Ewako, yang sebelumnya jurnalis salah satu koran dan televisi nasional di Jakarta.

[Baca juga: Usai Usung Dedi Wijaya, Ketua DPC Gerindra Kota Sukabumi Didesak Lengser]

Ditegaskan, tindakan pengelola akun relawan Pemilu Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Sukabumi 2018 tersebut melanggar peraturan tentang hak cipta, dan sangat merugikan PemiluUpdate.com. Independensi media, kata Ewako, merupakan syarat multak bagi sebuah media. Kepercayaan khalayak tidak akan diperoleh media tanpa independensi dimaksud.

“Kami menunggu penjelasan resmi Pak Dedi selaku calon wali kota. Apakah pencomotan dan manipulasi dilakukan oleh akun resmi dan atas sepengetahuannya? Kalau demikian, PemiluUpdate.com menuntut yang bersangkutan meminta maaf secara resmi,” tegas Ewako, jurnalis yang concern pada jurnalisme investigasi ini.

Bukan cuma akun Facebook dimaksud, sebuah blog bertitel Kader Jaya juga berisi sosialisasi diri Calon Wali Kota Sukabumi Dedi R. Wijaya. Alamat blog ini yakni https://kaderjaya.blogspot.co.id/. Hampir seratus persen ini blog ini berkaitan dengan kegiatan public relations pribadi Dedi sebagai kandidat kontestan pilkada.

Laman blog Kader Jaya yang hampir 100 persen isinya tentang calon wali kota Dedi R. Wijaya (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)


Mengaku Bukan Relawannya

Diminta konfirmasinya secara terpisah pada hari yang sama, Dedi Y. Wijaya mengaku bahwa Relawan Kreatif Kader Jaya tidak ada kaitan apapun dengan dirinya. Kader Jaya bukan bagian barisan pendukung untuk pemenangan Dedi pada kontestasi Pilkada 2018.

Hendak menyakinkan, dirinya tak memiliki kelompok pendukung bernama Kader Jaya, politikus Gerindra itu menyebutkan beberapa nama tim relawan resminya. Tim dimaksud yakni Barikade, Pejuang Garuda, Berdedi Kasih –antara lain.

Ditanya pertemanan akun resmi pribadinya dengan aku Facebook Kader Jaya, Dedi kembali menegaskan dirinya tak punya hubungan apapun. “Bukan. Tidak ada tim relawan saya bernama Kader Jaya,” kata Dedi, menegaskan bahwa pertemanan dimaksud bukan otomatis bukti Kader Jaya merupakan tim resminya.

[Baca juga: Karena Usung Dedy Wijaya, Koalisi Masagi Jual Mahal ke Gerindra dan Hanura]

Walau demikian, politikus berlatar belakang pengusaha tersebut memaparkan sendiri pemilik akun tersebut. Dia lalu menyebut nama organisasi dan nama pentolannya. “Saya telepon segera. Bagaimana sebaiknya, apa perlu segera dicabut (image) itu? Segera saya telepon,” tutur Dedi.

Tak lama kemudian, saat PemiluUpdate.com mengecek laman akun Facebook Kader Jaya pada Selasa siang, 26 September 2017, image bagian laman situs web ini sudah dicopot dan diganti foto seorang perempuan memegang lembaran kertas bertulis nama Dedi.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Bappda) DPD Partai Gerindra Jawa Barat Ali Rasyid yang dimintai penjelasannya atas masalah di atas, belum memberikan penjelasan. Dia meminta waktu sebab sedang melaksanakan aktivitas yang tidak dapat ditinggalkan, dan berjanji segera menjawab pertanyaan PemiluUpdate.com. ()BIH


[Surel Marketing/Redaksi: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here