Tanpa Perwakilan DPR, MK Lanjutkan Sidang Gugatan UU Pemilu

Warga berbincang di 'front office' Mahkamah Konstitusi di Jakarta (Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Hanya wakil pemerintah yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thanjo Kumolo yang hadir. Wakil DPR tidak memenuhi agenda MK.

“Ada surat masuk tertanggal 20 September yang kami terima. DPR tidak dapat hadir karena ada rapat yang tidak bisa ditinggalkan. Surat itu ditandatangani Badan Keahlian DPR,” ungkap Ketua MK Arief Hidayat saat membuka sidang di Gedung MK, Jakarta, Senin, 25 September 2017.

Sebelum mempersilakan Menteri Dalam Negeri memberi keterangan, Arief menyatakan keterangan DPR akan didengarkan pada sidang selanjutnya. Sidang terkait UU Pemilu yang digugat beberapa pihak. 

“Pemerintah memohon kepada Yang Mulia Ketua dan Bapak/Ibu Anggota Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi untuk mempertimbangkan dan menilai apakah para pemohon memiliki legal standing atau tidak,” kata Tjahjo.

[Baca juga: Pasal Ambang Batas Pencalonan Presiden kembali Digugat ke MK]

Tjahjo menambahkan hal tersebut sesuai pasal 51 ayat 1 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi, sebagaimana diubah terakhir melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi, maupun berdasarkan putusan-putusan MK terdahulu.


Gabung Enam Gugatan

Pada sidang hari itu, MK menggabungkan enam gugatan sekaligus. Alasannya efisiensi dan sebab materi gugatan keenam pemohon sama.

Enam perkara yang disidangkan adalah yang teregistrasi dengan dengan pemohon Effendi Gazali, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie Lousi, dan Sekjen DPP PSI Raja Juli Antoni.

Juga perkara dengan pemohon Kautsar dan Samsul Bahri, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Habiburakhman, dan pemohon Ketua Umum DPP Partai Idaman Rhoma Irama. ()Madi Cakra


[Surel Marketing/Redaksi: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here