Gerindra Jabar Gembleng Enam Ribu Laskar Tanggap Darurat Pedesaan

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

SUMEDANG, PemiluUpdate.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Barat (Jabar) menggembleng 6.000 putra-putri muda menjelang Pilkada serentak 2018. Tidak untuk target jangka pendek, mereka secara khusus dipersiapkan menjadi personel tanggap darurat di tingkat pedesaan.

Gelombang pertama Pendidikan dan Latihan (Diklat) Laskar Gerindra se-Jawa Barat ini digelar di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Diklat dilaksanakan lima hari sejak Sabtu, 23 September 2017.

Sesi pertama diklat diikuti 320 pemuda dan pemudi. Usai babak ini, dilanjutkan dengan kegiatan serupa hingga seluruh desa se-Jawa Barat diisi minimal seorang Laskar Gerindra. Jumlah desa di Jawa Barat berdasar BPS 2013-2014 sebanyak 5.962.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi menjelaskan penggemblengan Laskar Gerindra tidak secara khusus untuk kepentingan Pilkada 2018. Kesatuan anak muda yang ditangani Badan Diklat Daerah (Badiklatda) Gerindra Jawa Barat ini merupakan elemen partai yang disiapkan untuk kepentingan jangka panjang.

“Kebetulan pelaksanaannya menjelang pilkada. Para pemuda-pemudi itu dipersiapkan untuk jangka panjang sebagai kelompok siaga yang ditugasi menyediakan akses pelayanan darurat kepada masyarakat. Misalnya, pelayanan darurat bencana alam,” papar Mulyadi kepada PemiluUpdate.com, Minggu, 24 September 2017.

[Baca juga: Demi Target Pilpres 2019, Gerindra Bertekad Sapu Bersih Pilkada Jabar]

Tak kalah pentingnya, lanjut Mulyadi, Laskar Gerindra dipersiapkan sebagai kader partai di tingkat desa yang diamanahi menjadi katalisator kesatuan bangsa di tengah masyarakat, mulai tingkat desa. Mereka disiapkan agar mampu menjaga semangat kesatuan dan persatuan warga, jangan mudah dipecah-belah oleh siapapun demi keutuhan NKRI.

Peserta Pendidikan dan Latihan (Diklat) Laskar Gerindra mengikuti apel di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

Ditegaskan, tak berlebihan jika Laskar Gerindra dimaksud sebagai unsur parpol yang menjadi solusi atas berbagai harapan masyarakat di tingkat pedesaan. “Saya kemarin menegaskan kepada seluruh peserta diklat bahwa mereka ujung tombak di seluruh desa se-Jawa Barat guna mewujudkan misi hakiki Gerindra yakni mewujudkan negeri yang sejahtera, adil, dan makmur,” kata Mulyadi.

[Baca juga: DPP Gerindra: Kang Mulyadi Pemegang Mandat Calon Gubernur Jabar]

Menjelaskan materi diklat, Mulyadi –sosok yang didorong seluruh komponen DPD Partai Gerindra Jawa Barat agar maju sebagai calon gubernur pada Pilkada 2018– terdiri atas kurikulum penggemblengan mental disiplin. Kurikulum ini dasar atas pembentukan dan pengembangan keterampilan penanganan kondisi tanggap darurat di level desa atau kelurahan.

“Gerindra itu partai rakyat berbasis kader. Anggaran dasar partai menugasi seluruh anggota untuk bergerak bersama melahirkan kader-kader yang menjadi solusi atas kehidupan masyarakat, bangsa, dan negera. Intinya begitu,” tukas Mulyadi. ()BIH


[Surel Marketing/Redaksi: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here