Pemkot Sukabumi Siapkan Anggaran Pengamanan Pilkada Rp1,2 Miliar

Polisi mengamankan kampanye Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2014 (Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com)

KOTA SUKABUMI, PemiluUpdate.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi menyiapkan anggaran pengamanan Pilkada 2018 sekitar Rp1,2 Miliar, yang bersumber dari APBD Perubahan 2017. Alokasinya masing-masing Rp900 juta untuk Polres Sukabumi Kota dan Rp300 juta buat Kodim 0607 Sukabumi.

Meski sudah disiapkan sejumlah tersebut namun anggaran pengamanan itu bisa saja bertambah. Hal ini disebabkan Pemkot Sukabumi sampai saat ini belum menerima pengajuan biaya pengamanan dari Polres Sukabumi Kota dan Kodim 0607 Sukabumi.

“Kami belum pegang pengajuan keamanan dari Polres dan Kodim. Soalnya mereka menggunakan indeks perhitungan pusat, Mereka masih menghitung nilainya,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemkot Sukabumi, Dida Sembada kepada PemiluUpdate.com di Kota Sukabumi, Kamis, 21 September 2017.

[Baca juga: Larangan ASN, TNI/Polri, dan BUMN/BUMD Terlibat Pemenangan Kandidat]

Anggaran pengamanan pilkada, jelas Dida, direncanakan pencairannya pada Oktober mendatang. Sebelumnya harus dilakukan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkot Sukabumi dengan pihak Polres dan Kodim.

“Nanti di APBD Murni 2018 dianggarkan lagi. Sedangkan pengamanan dilaksanakan saat tahapan Pilkada sudah dimulai,” jelas Dida.


Panwaslu Rp3,5 Miliar

Sementara itu, Jumat besok, 22 September 2017, Pemkot Sukabumi akan melakukan penandatangan NPHD dengan Panwaslu Kota Sukabumi terkait anggaran belanja barang dan jasa senilai Rp.3,5 miliar.

Anggaran ini di luar bantuan dana hibah honor dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Bawaslu yang langsung dikucurkan ke Panwaslu Kota Sukabumi. 

[Baca juga: Oktober, Bawaslu Luncurkan Indeks Kerawanan Pemilu Antisipasi Kecurangan]

“Honor Panwaslu langsung dari Bawaslu Jawa Barat. Kami hanya mengeluarkan NPHD terkait belanja barang dan jasa Rp3,5 miliar,” tandas Dida.

Hal serupa juga berlaku bagi KPU Kota Sukabumi yang beberapa waktu lalu sudah menandatangani NPHD senilai Rp15 miliar lebih, yang dikucurkan dalam tiga termin. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here