Kombatan Pasang Kuda-Kuda Menangkan Jokowi pada Pilpres 2019

Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat (Istimewa/kspgold)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Kubu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memasang posisi kuda-kuda. Sekitar dua tahun menjelang Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2019, berbagai persiapan telah digelar, meskipun Presiden RI (periode) Ke-16 belum mendeklarasikan diri.

Persiapan menghadapi Pemilu 2019 itu setidaknya kembali terlihat dari berdirinya tambahan barisan relawan pendukung. Di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis, 21 September 2017, Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi sebagai calon presiden pada Pemilu 2019.

“Kombatan mendeklarasikan siap membantu Jokowi kembali terpilih sebagai presiden RI pada Pilpres 2019 mendatang,” ujar Ketua Kombatan Budi Mulyawan saat peneguhan dukungan.

Apa dasar Kombatan berdiri di belakang Jokowi? Budi menegaskan Jokowi figur pemimpin yang sederhana dan memiliki jiwa ksatria.

Dikatakan, Kombatan yakin Jokowi akan maju pada Pilpres 2019. Budi lalu melansir hasil survei Center for Strategi and International Studies (CSIS) beberapa waktu lalu, yang menunjukkan kepuasan publik atas kinerja Jokowi terus meningkat tahun demi tahun.

Budi mengutarakan memang terdapat sebagian masyarakat yang berpendapat kondisi perekonomian di era pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla masih lemah dan tidak bergairah. Namun, katanya, kondisi ini akibat anjloknya ekonomi global.

[Baca juga: Koalisi Pilgub Jatim: Pertarungan Barisan Pendukung Jokowi versus Poros Oposisi]

Pada saat yang sama, aku Budi, masyarakat melihat kesungguhan mantan gubernur DKI Jakarta itu mewujudkan Nawacita yang dijanjikan pada kampanye Pilpres 2014.

Karena itulah Kombatan menilai Jokowi layak didukung memimpin Indonesia periode 2019-2024. “Tagline Jokowi masa kampanye Pilpres 2014 saat itu adalah jujur, merakyat, dan sederhana. Jokowi masih memegang teguh tiga hal tersebut sampai sekarang,” ujar Budi.

Budi lalu mengungkapkan bahwa Kombatan bekerja berdasar basis ideologi. Mereka akan menyosialisasikan kinerja Presiden Jokowi selama menjalankan amanah rakyat. Saat ini Kombatan sudah memiliki perwakilan di 15 provinsi.

Mengenai kehadiran Kombatan, menurut Budi, sisa waktu menuju Pilpres 2019 sebenarnya sangat singkat. Meski demikian, Kombatan akan berusaha menjaga tren positif citra Jokowi di mata masyarakat. Salah satu cara Kombatan menjalankan misinya yakni bersinergi dengan parpol pendukung Presiden RI Jokowi.

Di struktur Kombatan pusat terdapat Dharmasena Wijanegara sebagai sekretaris jenderal dan Fajar Lase di posisi bendahara umum. ()LMC


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here