Survei Calon Wali Kota Serang: Elektabilitas Nuraeni di Atas Vera

Ilustrasi: Mencari pemimpin daerah (Istimewa/sorotpurworejo.com)

SERANG, PemiluUpdate.com – Survei terakhir terhadap popularitas dan elektabilitas calon-calon wali kota dan wakil wali kota Serang untuk Pilkada 2018 menempatkan Vera Nurlaela di teratas, sebagai sosok paling poluler. Namun tidak demikian elektabilitasnya. Elektabilitas Vera justru berada di bawah Nuraeni dengan selisih relatif jauh.

Angka popularitas Vera mencapai 15,6 persen dan Nuraeni sebesar 13,1 persen. Sementara di posisi ketiga, Ayip Najib (Duce) sebesar 8,3 persen.

Demikian hasil survei Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Kota Serang, Banten. “Hal ini menunjukan popularitas tidak menentukan tingkat elektabilitas,” kata Ketua Tim Peneliti Anis Fuad saat memaparkan hasil surveinya di Kampus Untirta Kota Serang, Senin, 18 September 2017.

Tingkat popularitas Vera Nuralela, kata Anis, tidak berbanding lurus dengan tingkat elektabilitas. Untuk survei elektabilitas, justru nama Nuraeni menempatkan posisi tertinggi yaitu sebesar 25,7 persen, sedangkan Vera Nurlaela hanya 15,5 persen. Sementara di posisi ketiga Ranta Soeharta 10,8 persen.

Vera Nurlaela adalah istri Wali Kota Serang Tb. Haerul Jaman. Vera sudah ditetapkan oleh Partai Golkar menjadi bakal calon wali kota Serang pada Pilkada 2018. Sementara Nuraeni adalah wakil ketua DPRD Banten dari Partai Demokrat. Nuraeni menjadi anggota legislatif dari daerah pemilihan Kota Serang. Pada periode 2009-2014, ia menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Serang.

Anis menjelaskan, survei tersebut dilakukan pada 28 Agustus sampai 5 September 2017 dengan menggunakan teknik tatap muka terhadap 600 responden di enam kecamatan di Kota Serang. Margin error-nya empat persen pada tingkat kepercayaan 96 persen. ()BHW


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here