KPU Jombang Rekrut Sosok Muda jadi Petugas PPK, PPS, dan KPPS

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Istimewa/kpu-jombangkab.go.id)

JOMBANG, PemiluUpdate.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjaring kalangan muda guna direktrut menjadi personel penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa.

Langkah itu berdasar edaran KPU RI tentang Penjelasan Anggota PPK, PPS, dan KPPS Belum Pernah Menjabat Dua Kali. Tujuannya memberikan kesempatan kepada person terlibat dalam penyelenggaraan dan penyuksesan pemilu.

Komisioner KPU Jombang Mochammad Fatoni mengungkap hal tersebut pada sosialisasi program di Kantor Kecamatan Jombang, Jumat, 15 September 2017.

Dijelaskan, pengertian dua kali masa jabatan adalah sebagai anggota PPK, PPS, dan KPPS pada pilkada dan pemilu lalu periode 2010 hingga 2014.

“Namun apabila, misalnya si A, pada periode pertama menjadi anggota KPPS kemudian pada periode kedua sebagai anggota PPS, maka jabatan tersebut masing-masing terhitung satu kali masa jabatan. Si A pada pemilu berikutnya masih bisa menjadi anggota PPS lagi dan pemilu berikutnya lagi, bisa menjadi anggota KPPS atau naik menjadi PPK,” papar Fatoni.

[Baca juga: Cara Permohonan Informasi Pemilu di KPU Kota Cirebon]

Dengan adanya peraturan tersebut, KPU secara umum mengharapkan terjadi kaderisasi penyelenggara pemilu, terutama generasi muda atau mereka yang berusia di bawah 40 tahun. KPU juga berharap para pembuat kebijakan untuk berperan aktif menyosialisasikan hal ini sehingga makin banyak terjaring sosok muda. Usia minimalnya 25 tahun.

Fatoni menambahkan bahwa KPU Kabupaten Jombang akan membuka Seleksi PPK pada 12 Oktober 2017. Informasi lengkapnya situs web resmi www.kpu-jombangkab.go.id. Pengumuman tertulis juga dipajang di seluruh kantor kecamatan Kabupaten Jombang. ()DRE


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here