Sekda Kota Sukabumi Merasa Cocok jika Bersanding dengan Wali Kota

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Hanafie Zein, yang juga calon wali kota Sukabumi pada Pilkada 2018 (Herry Febrianto/PemiluUpdate.com)

KOTA SUKABUMI, PemiluUpdate.com – Pernyataan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz akan mencalonkan diri kembali pada pilkada di kotanya, membuka peluang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Hanafie Zein menjadi pendamping.

Hanafie, yang telah lima tahun lebih menjabat sekda, tercatat sebagai calon kepala daerah dari PDIP. Pengalamannya di birokrasi dinilai mumpuni mendampingi Muraz, yang juga ketua DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi.

Walaupun Muraz menyatakan akan maju sebagai kontestan Pemilu Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Sukabumi 2018 hanya jika terjadi sesuatu pada duet yang diusung Demokrat-PKS, Hanafie enggan tinggal diam.

“Kalau sekarang orang menggadang-gadang saya dengan beliau (Muraz), siap-siap saja karena dari dulu saya orang kerja. Dengan posisi sekarang sebagai atasan saya, tidak ada persoalan dengan beliau,” ujar Hanafie kepada PemiluUpdate.com di ruang kerjanya, Kamis, 14 September 2017.

Meski sudah menjadi calon yang direkomendasikan PDIP di pilwalkot, Hanafie menggarisbawahi posisinya sekarang yang bukan kader partai. Dia kini masih sebagai aparat pemerintahan.

“Saya, kan, tidak punya perahu. Artinya yang lebih aktif adalah partai pengusung yang melakukan koalisi. Berbeda sikap saya kalau sudah pensiun,” ungkap Hanafie seraya menambahkan status dirinya sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) tidak lama berakhir.

Seiring menunggu partai melakukan penjajakan koalisi dengan parpol lain, Hanafie mengaku memilih lebih berkonsentrasi bekerja sebagai sekda. Banyak target, katanya, yang harus diselesaikan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Target saat ini mengawal visi-misi wali kota dan wakil wali kota sekarang sebagai janji politik mereka saat kampanye. Sekarang saya memilih untuk bekerja dengan baik saja,” akunya.

[Baca juga: Sekda Ikut Pilkada, Wali Kota Sukabumi: Sebaiknya Segera Mundur]

Ditambahkan, dirinya menjalankan tugas sebagai sekda sesuai komando Wali Kota Muraz. Dalam menjalankan tanggung jawab, menurut Hanafie, ia paham betul dengan program kerja yang dilaksanakan karena ikut menyusunnya. Ia lalu mengatakan program wali kota sekarang patut dilanjutkan.

“Siapapun wali kotanya harus menyelesaikan program jangka panjang. Kalau saya disandingkan dengan beliau (Muraz) pasti bagus karena dari dulu juga bareng-bareng dan tidak ada persoalan,” Hanafie berargumen.

Menata Kota Sukabumi, menurut Hanafie, perlu sosok kepala daerah dengan kepimpinan yang tegas dan bisa mengayomi. “Alhamdulillah selama dipercaya sejak Wali Kota (almarhum) Pak Muslikh dan Muraz sekarang, saya selalu loyal kepada beliau selaku pemimpin, bukan hanya secara pribadi,” kata Hanafie soal sikap dirinya terhadap bos. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here