Jalur Nonpartai Pilkada Kota Sukabumi harus Setor 22,3 Ribu Lembar e-KTP

Ilustrasi: Kumpulan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) (Istimewa/kompas.com)

KOTA SUKABUMI, PemiluUpdate.com – KPU Kota Sukabumi mensyaratkan calon perorangan atau nonparpol yang hendak maju pada Pilkada Kota Sukabumi 2018 diwajibkan menyetorkan bukti dukungan berupa 22.294 lembar e-KTP pemilih. Jumlah ini 10 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden 2014 yakni 222.939 pemilih. 

“Itu jumlah dukungan minimum. Lebih dari itu bagus,” ujar Anggota Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi Agung Dugaswara kepada pers usai Rapat Pleno Penetapan Jumlah Dukungan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jalur Independen di Kantor KPU Kota Sukabumi, Minggu, 10 September 2017.

Jumlah dukungan sebesar 22.294 pemilih tersebut, kata Agung, sebanyak 50 persen tersebar di empat kecamatan di Kota Sukabumi atau rata-rata sekitar 5.000 pemilih di setiap kecamatan. Nantinya, semua berkas dukungan harus tercantum di dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4). 

Agung menjelaskan penyerahan berkas dukungan jalur perorangan harus satu paket pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Semuanya terlampir di dalam format 1-KWK perorangan bersamaan dengan rekapitulasi jumlah dukungan dalam format B2-KWK berdasarkan alamat, jenis kelamin, serta tanda tangan pendukung. 

“Setelah berkas calon independen masuk ke KPU, baru dilakukan verifikasi administrasi dan juga verifikasi faktual di lapangan,” katanya.

Penyerahan dukungan, masih menurut Agung, harus berbentuk hardcopy dan softcopy. Setelah lolos verifikasi administrasi, berkas diserahkan langsung ke Panitia Pemungutan Suara untuk verifikasi faktual di lapangan. Setiap anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) wajib mendatangi satu per satu sesuai berkas yang diserahkan calon jalur independen bersangkutan.

“Petugas PPS akan membuka kesempatan verifikasi faktual secara online, melalui sambungan telepon atau teleconference,” tandas Agung. 

Berkas hasil verifikasi faktual oleh PPS selanjutnya akan direkapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan yang kemudian diserahkan kembali ke KPU.  “Jika sudah memenuhi syarat maka calon dianggap sah. Namun nantinya akan ada verifikasi ulang, jika ada perbaikan,” ungkap Anggota Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here