Pisah Koalisi, Hubungan PKS dan Gerindra Diklaim Tetap Harmonis

Ilustrasi: Ada semangat membangun koalisi permanen antara Partai Gerindra dan PKS (Istimewa/kompasiana.com)

KOTA SUKABUMI, PemilUpdate.com – DPD PKS Kota Sukabumi tidak ambil pusing dengan manuver DPC Partai Gerindra, yang menggandeng Partai Hanura menghadapi Pemilu Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwakot) Sukabumi 2018. Komunikasi politik PKS dengan Gerindra di Kota Sukabumi diklaim tetap berjalan baik.

Ketua DPD PKS Kota Sukabumi Asep Tajul Mutaqin menegaskan pihaknya tentu tidak dapat berbuat apa-apa atas pilihan strategi yang dilakukan parpol lain.

“Sebagai sekutu kita tidak memutuskan koalisi bersama. Kalaupun ada komunikasi dengan parpol lain, dipersilahkan dan sudah menjadi kesepakatan bersama antara PKS dengan Gerindra,” ungkap Asep Tajul kepada PemiluUpdate.com di Kantor DPD PKS Kota Sukabumi, Sabtu, 9 September 2017.

Menurutnya, tidak ada aturan yang mengikat antara PKS dengan Gerindra. Partai berlambang garuda ini bebas menentukan pilihan koalisi dengan Hanura, maupun parpol lainnya. “Bagi kami bebas saja dan tidak ada menjadikan PKS sensi,” jelas Asep.

Pada kesempatan yang sama, Asep membantah informasi yang beredar seolah-olah PKS yang secara frontal sejak awal meninggal Gerindra. “Saya tidak menyatakan itu. Komunikasi kami tetap berlanjut. Intinya PKS tidak akan meninggalkan Gerindra,” tegas Asep.

Keteguhan PKS memperjuangkan duet Achmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami (FAHAM) pada Pilkada Kota Sukabumi 2018, aku Asep, semata-mata karena target memenangi ajang pilwakot. Ahmad Fahmi adalah wakil wali kota Sukabumi sekarang. Sedangkan Andri Setiawan Hamami adalah mantan ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi.

Gerindra Kota Sukabumi seolah-olah “terluka” karena PKS sejak awal tidak melibatkan Gerindra dalam pemaketan calon kepala daerah. PKS justru bergandengan tangan dengan Partai Demokrat.

Gerindra semakin meradang karena Andri yang sedang mengikuti proses penjaringan di Gerindra belakangan justru resmi menjadi kader Demokrat.

Pengurus DPD PKS Kota Sukabumi bersama pengurus parpol Koalisi Masagi usai membahas perkembangan Pilkada Kota Sukabumi 2018 (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)


PKS Merapat ke Masagi?

Saat Gerindra dan Hanura di Kota Sukabumi memutuskan berkoalisi, PKS menjajal komunikasi intensif dengan Koalisi Masyarakat Membangun Kota Sukabumi (Masagi), yang dimotori PAN dan PPP. Pertemuan terakhir elit ketiga parpol digelar di Kantor DPD PKS Kota Sukabumi beberapa waktu lalu.

“Kami hanya melanjutkan komunikasi yang sudah dilakukan sejak awal dengan PPP dan PAN. Tidak menutup kemungkinan menjalin kerja sama,” tandas Ketua DPD PKS Kota Sukabumi Asep Tajul Mutaqin.

Ditambahkan, ketiga parpol tersebut belum mengarah kepada topik teknis koalisi, terlebih deklarasi pasangan calon wali kota-wakil wali kota. Pertemuan baru hanya sebatas silaturahim dan membangun kesepahaman.

“Konsep yang kami tawarkan yakni bagaimana mewujudkan pemerintahan yang bersih dan menyejahterakan masyarakat,” tutur Asep. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here