Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Sukabumi Siap Pertahankan Predikat WTP

Kepala Sekretariat Panwaslu kabupaten/kota se-Jawa Barat (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

KOTA SUKABUMI, PemiluUpdate.com – Jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi, khususnya bidang kesekretariatan, siap menjalankan tugas dan tanggung jawab, dalam upaya menyukeskan Pilkada Kota Sukabumi 2018.

Sekretaris Panwaslu Kota Sukabumi Iyep Kusmawardani mengatakan hal tersebut usai dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis, 7 September 2017. Sebanyak 24 sekretaris Panwaslu kota dan kabupaten se-Jawa Barat dilantik secara bersamaan. “Saya siap memberi yang terbaik,” ungkapnya.

Para sekretaris tersebut dituntut, selain mampu menjalankan tugas dalam kerangka bergulirnya pilkada serentak tahun depan, mereka pun diwajibkan menangani pemanfaatan anggaran tanpa penyimpangan. Mereka dituntut mampu mempertahankan predikat pertanggungjawaban keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yang dititahkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Bawaslu RI.

“Sebagai kepala sekretariat Panwaslu di daerah harus mengelola anggaran pilkada secara baik. Tidak sampai di situ, Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2019 juga sudah di depan mata,” ujar Kepala Sekretariat Bawaslu Jawa Barat Eliazar Barus dalam rilis Panwaslu Kota Sukabumi yang diterima PemiluUpdate.com, Jumat, 8 September 2017.

Senada dengan Eliazar, Ketua Bawaslu Jawa Barat Hermanus Koto mengingatkan agar kepala sekretariat Panwaslu kota dan kabupaten yang telah dilantik tidak hanya memfasilitasi komisioner Panwaslu dari sisi anggaran saja.

“Seorang kepala sekretariat juga harus dapat memfasilitasi dari sisi administrasi pengawasan di seluruh tahapan. Sekaligus dapat memahami segala bentuk proses pengawasan di setiap tahapan,” tandas Hermanus.

Pelantikan kepala sekretariat Panwaslu di 24 kota dan kabupaten di Jawa Barat, juga dihadiri Asisten Daerah 1 Pemerintah Kota Sukabumi Andri Setiawan dan Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin.

“Proses pelaksanaan pesta demokrasi di Kota Sukabumi ini harus di kawal dengan baik. Bukan hanya sisi teknis pelaksanaan dan pengawasannya saja,” jelas Andri. 

Menurutnya, selaku kepala sekretariat harus terus membantu mengawal pelaksanaan pengawasan dari sisi administrasi karena akan menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pengawasan Pilkada Kota Sukabumi.

Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Sukabumi Iyep Kusmawardani, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Barat Eliazar Barus, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Harminus Koto, Asda 1 Kota Sukabumi Andri Setiawan, dan Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin (dari kanan ke kiri) (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)


Kerja Maraton

Sementara Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin mengatakan pasca dilantiknya kepala sekretariat, pihaknya akan bekerja maraton dari mulai penandatanganan NPHD, bimbingan teknis (bimtek) komisioner panwas, dan kepala sekretariat.

Setelah semua proses itu selesai, Panwaslu melakukan rekrutmen Panwascam yang mengacu arahan dan petunjuk teknis yang diberikan oleh Bawaslu RI dan Jawa Barat, nanti pada waktu bimtek.

“Saya harap kepala sekretariat dapat bekerja sama dalam membangun kelembagaan Panwaslu menjadi lebih baik sehingga dapat menyukseskan proses pengawasan Pilkada di Kota Sukabumi,” harap Aminuddin. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here