PAN Positif Usung Deddy Mizwar, Tolak Pinangan Ridwan Kamil

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar bersama pelajar. Deddy kini figur yang dapat dipastikan menjadi calon gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2018 (Istimewa/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) kembali harus gigit jari. Setelah beberapa partai politik (parpol) menjauhi dirinya, kini Wali Kota Bogor ogah menerima “lamaran” Emil untuk dijadikan wakilnya dalam pencalonan Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Situasi tersebut berbeda dengan kondisi Emil tahun-tahun lalu. Wali kota yang populer di media sosial ini tak lagi menjadi sosok yang diburu-buru oleh pelaku politik.

“Kami memang ada rekomendasi rakernas (rapat kerja nasional) kalau Emil berpasangan dengan kader PAN, salah satunya Bima Arya, maka kami akan dukung Emil,” kata politikus PAN Yandri Susanto di Komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2017.

Sekretaris Fraksi PAN di DPR RI itu menambahkan ternyata Bima secara pribadi memilih untuk tetap fokus menyelesaikan tugasnya di Kota Bogor. Sebelumnya, partai memberi waktu dua hari setelah rakernas kepada politikus muda itu untuk mempertimbangkan, maju ke Pilgub Jawa Barat atau tetap di Kota Bogor.

“Kalau hari ini beliau memutuskan tetap berkhidmat di Bogor, ya, kami harus hormati dan itu sepertinya sudah menjadi keputusan final beliau. Kami lalu ke Deddy Mizwar. Insya Allah ke Deddy,” tegas Yandri.

Ditambahkan, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan di arena Rakernas III PAN beberapa hari lalu berpesan bahwa PAN akan mengusung Walikota Emil hanya jika berpasangan dengan kadernya. Bila tak dipasangkan dengan kader, PAN akan mendukung Deddy Mizwar, wakil Gubernur Jawa Barat sekarang.

“Saya meyakini insya Allah kalau Bima Arya berkonsentrasi di Bogor maka PAN bisa ke Deddy Mizwar,” kata Yandri.

Ditanya peluang PAN mengusung kadernya yang lain, misalnya Desy Ratnasari, Yandri mengatakan belum ada yang mendekati anggota DPR RI berlatar belakang artis itu. Bila ada yang ingin meminta Desy maju Pilgub Jawa Barat maka akan menjadi prioritas PAN.

“Aspirasi akar rumput, terutama teman-teman di Jawa Barat, lebih cenderung ke Deddy Mizwar,” Yandri menyela.


Nasdem: PAN yang Meminang

Pada hari yang sama, Ketua DPW Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa melansir pernyataan yang berseberangan. PAN yang mendekati partainya dan menawarkan Bima Arya sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat, mendampingi Emil.

“Saya apresiasi tapi jangan dulu. Pragmatis kalau begitu. Cara mau bergabung bukan seperti itu,” tegas Saan di Kota Bandung.

Saat menjelaskan Nasdem sebagai pengusung pertama Emil membuka peluang kepada parpol lain berkoalisi. Syaratnya persamaan sikap politik untuk Jawa Barat. Bukan mengajukan figur pendamping secara dini, kata Saan, seperti yang dilakukan PAN.

Nggak ada masalah kalau mau gabung, asal bukan patokannya, syarat Bima Arya sebagai pendamping,” tutur Saan. ()LMC/BIH


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here