KPK Dukung Usulan PDIP Ada Kompetisi Parpol buat Intensif Tambahan

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan (kiri) dan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristianto (Madi Cakra/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendukung usulan PDIP seputar langkah menaikkan bantuan dana partai politik (parpol), dalam kerangka menekan tindak pidana korupsi.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengatakan keputusan pemerintah menaikkan bantuan dana parpol dari Rp108 menjadi Rp1.000 dapat mencegah korupsi. Potensi tindak pidana ini khususnya di lingkungan kader parpol yang menjadi kepala daerah dan anggota legislatif.

“Kami pikir itu (kenaikan dana parpol) kecil sekali, menaikkan dari Rp108 jadi 1.000. Kami harus lakukan banyak hal lagi,” kata Pahala kepada pers usai berdiskusi dengan para petinggi PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2017.

Pahala mengungkapkan sebenarnya usulan anggaran bantuan bagi parpol jauh lebih besar. PDIP mengusulkan kenaikannya hingga Rp10.000.

Ditambahkan, kenaikan bantuan dana untuk parpol ke depan bisa dilakukan secara bertahap selama 10 tahun. Kenaikan dana bantuan parpol, katanya, harus dievaluasi setiap tahun.

Pahala menyatakan dalam diskusi bahwa pihaknya mengapresiasi masukan yang di sampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto. Diusulkan kompetisi integritas dan sistem rekrutmen partai untuk mendapat intensif tambahan bantuan negara.

“Usulan PDIP, bagus. Boleh juga kita ciptakan kompetisi antarpartai. Partai yang capai sistem integritas lebih dulu harus dapat semacam insentif,” ujarnya. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto menambahkan kompetisi dimaksud dapat membuat parpol bekerja lebih keras. “Ini akan sangat fair. Partai yang baik akan mendapat intensif,” kata Hasto. ()Madi Cakra


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here