Jelang Pilpres, Rivalitas Prabowo-Jokowi Meruncing Pasca Sidang Tahunan DPR

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) melakukan salam komando dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto seusai mengadakan pertemuan tertutup di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/7/2017). (Istimewa/kompas.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Setelah sebelumnya Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhono (SBY) menjadi topik pembicaraan hangat berbagai kalangan, karena ketidakhadirannya dalam sidang tahunan DPR/MPR/DPD, Rabu 16 Agustus 2017 lalu.
Kali ini giliran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengalami hal serupa. Kalangan pengamat bahkan menilai, tidak hadirnya ketua partai berlambang garuda tersebut semakin mengisyaratkan runcingnya rivalitas dengan Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Presiden (Presiden) 2019 mendatang.

“Saya melihat, Prabowo semakin mempertegas posisinya untuk melawan Jokowi di Pilpres nanti,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin di Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2017.

Seperti diketahui sebelumnya, Prabowo juga mendatangi Ketua Umum partai Demokrat, SBY di Cikeas beberapa waktu lalu yang secara simbolis bisa dikatakan membentuk poros baru untuk Pilpres 2019 nanti. Isyarat ini semakin dipertegas dengan diselenggarakannya upacara Peringatan HUT RI di Universitas Bung Karno yang dipimpin langsung oleh Prabowo.

“Jadi secara politik, hal itu bisa dibaca sebagai simbol perlawanan secara politik,” tandas Ujang.

Ujang menilai, seharusnya Prabowo bisa hadir dalam sidang bersama tahunan beberapa waktu lalu. Terlebih posisinya sekarang sebagai tokoh bangsa dan nasional, sekaligus lawan Jokowi dalam Pilpres 2014 lalu serta digadang-gadang sebagai pesaing kuat di Pilpres 2019.

“Kehadirann Prabowo penting untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia, bahwa kenegarawanan para tokoh bangsa seperti Prabowo tidak diragukan lagi,” katanya.

Menurutnya, akan lebih indah dan harmonis jika seluruh tokoh bangsa seperti Prabowo hadir pada sidang tahunan bersama Presiden Joko Widodo.

“Akan terlihat indah kalau seluruh tokoh bangsa hadir kemarin, minimal bisa menyejukkan mata masyarakat melihat simbol kebersamaan dan persatuan dari mereka,” pungkasnya.() Madi Cakra


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here