Rajut Asa jadi Bupati Cirebon, Kalinga Jual Program Ekowisata Mangrove

Staf Ahli Bupati Cirebon Kalinga mendaftar melalui Partai Gerindra sebagai calon bupati dan wakil bupati Cirebon pada Pilkada 2018 (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

KABUPATEN CIREBON, PemiluUpdate.com – Calon bupati Cirebon Kalinga mengusung janji akan menggenjot kawasan ekowisata mangrove jika terpilih pada Pilkada 2018. Hutan mangrove, selain positif bagi lingkungan, juga memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Mangrove mempunyai multi fungsi. Mangrove penahan abrasi air laut dan tempat berkembang biak berbagai macam makhluk hidup di pesisir. Juga bermanfaat sebagai kawasan pariwisata berbasis lingkungan atau ekowisata,” kata Kalinga di Cirebon, Kamis, 17 Agustus 2017.

Staf Ahli Bupati Cirebon yang mendaftar melalui Partai Gerindra ini mengungkapkan kini sepanjang 71 kilometer garis pantai pesisir Cirebon tidak terlindungi mangrove sehingga rawan abrasi.

Tanaman mangrove, lanjut Kalinga yang mantan Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, pun bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku beragam produk yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Melalui pembinaan UMKM, mangrove dapat disulap menjadi tepung kue dan es krim, bahan steak, kerupuk, sirup, permen, batik, sabun cair, hingga pembersih lantai serta pakan ternak.

Lokasi pengembangan mangrove yakni di Kecamatan Gunung Jati, Mundu, dan Losari.


Memecah Suara

Kalinga mengatakan dirinya mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati didasari niat tulus membangun Kabupaten Cirebon lebih baik. Sama sekali bukan sekadar ikut Pilkada Cirebon 2018 untuk memecah cuara pasangan calon tertentu.

“Saya selaku warga pribumi merasa terpanggil membangun Kabupaten Cirebon. Kabupaten ini memiliki sumber daya alam yang kaya. Sayang belum dimaksimalkan untuk pembangunan daerah. Artinya masih banyak hal yang harus dibenahi,” paparnya.

Ditanya mengapa memilih Gerindra sebagai kendaraannya, Kalinga mengatakan karena partai ini memiliki gagasan yang baik tentang Indonesia. Dia mengaku tergugah untuk bisa mewujudkan gagasan tersebut di Kabupaten Cirebon. ()YDR


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here