Tiket Pemilu 2019, Political Review: KPU Perlu Verifikasi Parpol Lama dan Baru

Ilustrasi: Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah penyelenggara pemilu yang harus independen (Istimewa/kabarinews.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Indonesia Political Review (IPR) menuntut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar melakukan verifikasi menyeluruh terhadap partai politik (parpol). Verifikasi menjadi syarat parpol memperoleh tiket mengikuti Pemilu 2019.

Direktur Eksekutif IPR Ujang Komarudin mengatakan semua parpol sebaiknya diverivikasi ulang. Parpol lama maupun baru. Hal ini, menurutnya, untuk menghindari kecurigaan kecurangan dan demi rasa keadilan dalam pemilu yang jujur dan adil.

“Semua harus diverifikasi, partai lama yang pernah bertarung di 2014 ataupun partai yang baru muncul,” ujar Ujang dalam rilisnya, Selasa, 15 Agustus 2017.

Ditambahkan, verifikasi harus dilakukan secara terbuka, jangan sebaliknya. Asas keterbukaan mesti dijunjung tinggi oleh KPU.

Melalui verifikasi menyeluruh, menurut Ujang, akan diketahui parpol yang pantas mengikuti kontestasi politik di Pemilu 2019. “Partai baru dan lama akan teruji melalui verifikasi,” tandasnya.

Direktur Eksekutif IPR menjelaskan bahwa Indonesia sebagai negara demokratis semestinya membuka peluang kepada semua parpol yang memenuhi syarat bertarung dalam pemilu.

“Kita ini masih dalam transisi menuju demokrasi. Demokrasi sejatinya memberikan semua partai politik. Tak terkecuali dengan partai baru, juga harus diberi ruang melakukan verifikasi sebaik-baiknya,” paparnya.

Oleh karena itu, IPR berharap KPU sebagai penyelenggara independen bersikap terbuka dan adil kepada semua parpol. Jangan sampai terkesan memihak kepada partai tertentu. ()ALY


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here