Tsamara: Tak Logis PSI Disandingkan dengan Partai Idaman

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas (Istimewa/psi.id)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak bila disandingkan dengan Partai Idaman. Apalagi jika disimpulkan PSI kalah bersaing, misalnya soal massa pendukung, dengan partai politik (parpol) yang dibidani musisi Rhoma Irama.

Situs web jpnn.com pada Senin, 14 Agustus 2017, Ketua DPP PSI Tsamara Amany Alatas beralasan partai yang dipimpin mantan penyiar Grace Natalie satu-satunya partai baru yang lolos verifikasi Kementerian Hukum dan HAM.

“Data dan faktanya PSI lolos verifikasi Kemenkumham. Partai Idaman belum lolos. Jadi bagaimana mungkin basis massa kami kalah dengan Partai Idaman?” katanya.

Tsamara merinci PSI memiliki struktur partai yang lengkap. Partai ber-tagline “Terbuka, Progresif, Itu Kita!” sudah memenuhi syarat Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kepengurusan PSI ada di seluruh provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen kecamatan.

Lebih lanjut, Tsamara menyatakan anggotanya di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 350 ribu orang. Jumlah anggota ini, menurutnya, akan terus bertambah.

“Kalau Idaman mengklaim punya basis massa lebih kuat daripada PSI, harusnya dibuktikan dengan lolos verifikasi. PSI sudah buktikan itu,” tegas mahasiswa Universitas Paramadina, Jakarta, itu seraya menambahkan pihaknya yakin lolos verifikasi KPU untuk kepesertaan Pemilu 2019.


Syarat Verifikasi

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengumumkan hasil verifikasi beberapa parpol baru pada 7 Oktober 2016. Bertempat di kantor Kemenkumham, Yasonna menjelaskan kepada pers bahwa di antara lima parpol yang diverifikasi hanya PSI yang lolos.

Dalam pelaksanaan verifikasi, kata Yasonna, pendaftaran badan hukum parpol meliputi verifikasi kelengkapan dan kebenaran persyaratan. Waktunya paling lama 45 hari sejak Kemenkumham menerima dokumen persyaratan.

Syarat menjadi badan hukum, sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik yakni memiliki kepengurusan di setiap provinsi, dan paling sedikit 75 persen jumlah kabupaten/kota yang bersangkutan. Ditambah lagi paling sedikit 50 persen jumlah kecamatan pada kabupaten/kota yang bersangkutan.

PSI resmi mendaftar sebagai parpol ke Kementerian Hukum dan HAM pada 18 Juli 2016. ()ALY


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here