Jawa Barat Butuh Pemimpin Berjiwa ‘Nyunda Nyantri Jeung Nyakola’

Ketua I DPP GPPM GIBAS Ade Kosasih (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

CIANJUR, PemiluUpdate.com – Perhelatan Pilkada Jawa Barat 2018 memang masih lama namun beberapa kandidat calon gubernur dan wakil gubernur sudah bermunculan. Pertanyaannya sekarang adalah apa kriteria calon kepala daerah yang cocok memimpin Jawa Barat lima tahun kedepan?

Jawa Barat merupakan provinsi berpenduduk terpadat di Indonesia. Warganya memiliki keragaman karakter dan budaya. Atas kondisi ini, menurut Ketua 1 DPP Gabungan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GPPM GIBAS) Ade Kosasih, Jawa Barat membutuhkan pemimpin yang benar-benar kredibel, energik, profesional, visioner, dan mampu merangkul semua unsur sosial, budaya, ekonomi dan agama.

“Karena besarnya Jabar tidak terlepas dari adanya keberagaman penduduk, budaya, alam dan agama,” katanya kepada PemiluUpdate.com, Senin, 14 Agustus 2017.

Ade berpendapat Jawa Barat sebagai salah saru barometer politik nasional memerlukan pemimpin yang mampu menempatkan diri dan lebih mementingkan kebutuhan rakyat daripada tuntutan partai serta kelompoknya. Walaupun kelompok tersebut adalah tim pemenangannya.

“Seorang gubernur dan wakil gubernur jika sudah menjabat harus mampu melepaskan baju partai dan kelompoknya. Mereka harus merasa dan menjadi milik semua warga masyarakat Jawa Barat dengan tidak ada pengecualiannya,” papar Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cipanas itu.

Siapapun yang menjadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, tegas Ade, harus mempunyai jiwa yang nyunda, nyantri jeung nyakola. Terlepas dari tokoh lama atau baru, yang terpenting sejauh mana mereka mampu mengerti dan memahami Jawa Barat sesungguhnya. Hal ini mesti dilakukan secara menyeluruh dan tak terbatas serta tersekat oleh kepentingan apapun dan kebutuhan siapapun.

“Kudu bisa neuleuman hate rakyat Jabar, jeung mampu ngahontal kahayang warga Jabar,” tegasnya.

Ade berharap pemimpin Jawa Barat saat mendatang harus mampu menjadi Siliwangi yang sesungguhnya. Bukan Siliwangi yang dulu, tapi Siliwangi yang mampu mengubah dan mengembalikan zaman keemasan Tatar Pasundan. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here