Didekati Gus Ipul, PKS Belum Putuskan Tolak atau Bergabung Calon Lain

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, yang juga wakil ketua MPR (Istimewa/mpr.go.id)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum memutuskan posisi finalnya dalam konstelasi Pilkada Jawa Timur 2018. Termasuk apakah akan merapat ke kubu Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) selaku calon gubernur.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengakui Gus Ipul sudah melobi PKS agar ikut dalam barisan pendukung. Namun hingga kini, aku Hidayat, partainya belum memutuskan sikap final.

“Gus Ipul mendekati untuk mendapatkan dukungan dengan PKS tapi belum selesai semuanya,” kata Hidayat di Kompleks DPR RI Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2017.

Ditambahkan, PKS masih melakukan kalkulasi berbagai hal dalam Pilkada Jawa Timur. Berbagai kemukinan atau formulasi masih dipertimbangkan. Menurut Hidayat lagi, pengambilan keputusan untuk Pilkada Jawa Timur bakal lebih lama ketimbang di Jawa Barat.

Hidayat menjelaskan Jawa Barat merupakan basis massa PKS. Posisi politik PKS di Jawa Timur tak sekuat di Jawa Barat maupun di DKI Jakarta. Selain hal ini, PKS juga akan mencermati aspirasi kalangan ulama Jawa Timur. “Proses masih berjalan,” tutur Hidayat yang juga wakil ketua MPR.

Menyinggung peta koalisi, menurut Hidayat, partai politik (parpol) lain pun masih mempelajari berbagai kemungkinan. Baru Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang secara bulatn mengusung Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur Jawa Timur periode mendatang.

PKB memang memiliki cukup kursi untuk mengajukan pasangan calon kepala daerah sendiri, tanpa berkoalisi.

Calon pesaing Gus Ipul yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi pada Pilkada Jawa Timur, antara lain Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial) dan Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya). ()RUH


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here