PAC PDIP Kota Sukabumi Jajaki Kandidat Baru

Jajaran PAC PDIP Kota Sukabumi bertemu dengan Dedi R. Wijaya yang dijajaki menjadi kandidat wali kota (Annisa Rahmatillah/PemiluUpdate.com)

SUKABUMI, PemiluUpdate.com – Manuver politik yang intens dilakukan jajaran Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting PDIP Kota Sukabumi jelang Pilkada Jawa Barat 2018, Jumat, 11 Agustus 2017. Terakhir mereka berkumpul di salah satu rumah makan di jalan Jalur Lingkar Selatan, Kota Sukabumi, dengan mengundang salah satu kandidat Dedi R. Wijaya.

Meski hanya sekedar silaturahmi, langkah PAC dan Ranting ini semakin menunjukkan jika mereka menginginkan Dedi yang sekarang masih dalam proses penjaringan di Partai Gerindra untuk maju sebagai Bakal Calon Wali kota Sukabumi 2018 dari banteng moncong putih.

Sekretaris PAC PDIP Gunungpuyuh Dede Kartono Nugaraha mengaku jika pertemuan dengan Dedi hanya sekedar silaturahmi. “Kebetulan baru Pak Dedi yang bisa kami temui saat ini, mungkin ke depannya unsur PAC dan Ranting akan mendukung untuk maju sebagai calon wali kota atau wakil wali kota Sukabumi,” ujarnya kepada PemiluUpdate.com.

Sama sekali belum adanya keputusan dari DPC bakal mengusung kandidat di Pilkada, jelas Dede, membuat arus bawah partai menjadi bingung.

‚ÄĚKami tidak tahu ada apa sebetulnya, saat semua partai mulai menjalankan proses penjaringan tetapi hanya dari PDIP saja yang sampai sekarang belum ada keputusan,” katanya.

Pertemuan dengan Dedi, ungkap Dede, merupakan salah satu bentuk kekecewaan arus bawah terhadap kinerja DPC.

“Kedatangan beliau (Dedi), penghargaan bagi kami sebagai pengurus ranting yang selama ini tidak pernah diajak pertemuan di setiap momen jelang Pilkada,” aku Ayi Hamdani alias Omen Ketua Ranting PDIP Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong.

Terkait Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Hanafie Zein yang digadang-gadang bakal menjadi calon yang diusung PDIP Ayi menegaskan tidak pernah sekalipun ada pertemuan dengan kandidat yang dimaksud.

“Bukan berarti tidak mendukung, tapi kami mendukung yang mau bersama dengan kami,” tegasnya.

Usai pertemuan, Dedi R Wijaya secara singkat mengatakan jika dirinya datang karena diundang oleh unsur PAC dan Ranting PDIP. “Saya berharap ini menjadi ajang silaturahmi, mengenalkan saya untuk bagi yang belum mengenal dan menambah saudara,” ungkapnya.


Berangkat dari keprihatinan

Memanasnya suhu politik di internal DPC PDI Perjuangan Kota Sukabumi, hingga berujung manuver pengurus di arus bawah berawal dari keprihatinan terhadap langkah DPC yang lambat dibandingkan partai lainnya.

Pada pertemuan antar PAC, Senin (24/7/2018), di lokasi yang sama mereka sepakat mengusung kader internal Iwan Kustiawan untuk maju kembali mencalonkan di Pilkada 2018. Segudang pengalaman sebagai mantan Wakil Walikota Sukabumi periode 2003-2008 dan saat ini menjabat Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat menjadi alasannya.

Sedangkan dari eksternal, unsur ketua, sekretaris dan bendahara PAC mengusung Dedi R. Wijaya yang dinilai memiliki keseriusan untuk maju di Pilkada dengan harapan bisa merangkul partai lain untuk berkoalisi.

“Pernyataan sikap PAC, muncul dari sebuah keprihatinan setelah Hanafie Zein digadang-gadang maju di Pilkada ternyata sama sekali tidak ada komunikasi sama sekali. Bahkan muncul kesan seolah-olah PAC dianggap tidak ada,” tandas Ketua PAC PDIP Kecamatan Warudoyong Erik Erwinda. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here