Wali Kota Bogor Bima Arya Incar Posisi Cawagub Jabar

Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) bersalaman dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kiri) (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

KOTA BANDUNG, PemiluUpdate.com – Kader PAN Bima Arya, yang kini menjabat wali kota Bogor, menegaskan dirinya siap bertarung memperebutkan kursi wakil gubernur Jawa Barat (Jabar) pada Pilkada 2018.

Tokoh muda partai berlambang matahari ini mengatakan kesiapannya ketika ditanya jurnalis di Kantor Gubernur Jabar, Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 10 Agustus 2017.

“Sebagai kader partai harus siap. Kalau nomor satu (calon gubernur) rasanya tidak. Di internal, kader PAN mungkin untuk nomor dua (calon wakil gubernur) saja, ” ujar Bima.

Sikap PAN tersebut, kata Bima, didasari jumlah kursinya di DPRD Jabar. Juga berdasar hasil survei. Kader PAN berada di posisi alternatif untuk calon wakil gubernur (cawagub), bukan gubernur.

Mengenai kepastiannya, Bima menjelaskan PAN kini masih mengalkulasi peta koalisi pada Pilkada Jabar. Memasuki medio Agustus, katanya, PAN belum memastikan arah koalisinya.

“Ada faktor partai politik. Ada faktor kecocokan antara cagub (calon gubernur) dan cawagub (calon wakil gubernur). Ya, bisa saja cagub dan cawagubnya cocok tapi partainya punya kebijakannya lain. Jadi banyak variasi,” Bima menjelaskan.

Ditambahkan, setelah mengalkulasi kemampuan dan peta politik yang bergulir, dirinya telah berkomunikasi dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Bima melapor bahwa bila ditunjuk sebagai calon maka dirinya siap maju di Pilkada Jabar 2018.

“Bang Zul nanya ke saya, mau lanjut di Bogor atau di Jabar. Bang Zul menyarankan buka komunikasi saja dengan semuanya, melihat perkembangan terakhir di Bogor maupun Jabar. Kita harus cermati semua dinamikanya,” ujar Bima lagi.


Potensi Desi Ratnasari

Selain Wali Kota Bogor Bima Arya, politisi lain PAN yang juga digadang-gadang masuk bursa calon wakil gubernur yakni Desi Ratnasari. Anggota Komisi VIII DPR ini bahkan lebih awal namanya disebut-sebut.

“Kami tidak teralu berambisi atau ngotot jadi posisi nomor satu, tapi untuk posisi nomor dua, calon wakil gubernur,” ujar politikus PAN Yandri Susanto dalam diskusi pemaparan hasil survei Poltracking terhadap elektabillitas kandidat peserta Pilkada Jabar 2018 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Yandri menyebutkan kader PAN yang menurutnya pantas diusung sebagai calon wakil gubernur adalah Desy Ratnasari. Mantan penyanyi ini asal Sukabumi, Jawa Barat. ()BIH


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here