Ganjar dan Heru ‘Bareng’ Ambil Formulir Perdaftaran Pilkada di DPD PDIP

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko sama-sama kembali ikut percaturan pilkada (Istimewa/kanalsatu.com)

SEMARANG, PemiluUpdate.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo hampir dapat dipastikan kembali terjun ke ring Pilkada Jateng. Diwakili sahabatnya, Iwan Lasono, mengambil formulir pendaftaran di kantor DPD PDIP Jateng, Kamis, 10 Agustus 2017.

Usai mengambil berkas pendaftaran, Iwan menyatakan Ganjar berencana mengembalikan formulir sebagai tanda final pendaftaran dirinya pada Jumat besok, 11 Agustus 2017. “Pak Ganjar akan kembalikan secara langsung. Waktunya besok setelah salat Jumat,” katanya.

Tak lama setelah Ganjar mengambil formulir, giliran Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko juga hendak menjadi kontestan Pilkada Jateng 2018. Ia mengambil langsung formulir yang dibituhkan untuk mengikuti proses menjadi kontestan calon gubernur Jateng.

“Saya ambil formulir wagub (wakil gubernur). Seperti saya sampaikan sebelumnya, saya akan ambil formulir setelah Pak Ganjar ambil. Bukan apa-apa, itu karena etika saja. Sopan santun karena saya wakil gubernur dan masih wakil gubernur,” papar Heru.

Mengapa Heru mendaftarkan diri hanya untuk posisi wakil gubernur? Dia menjelaskan bahwa hal itu berdasar kapasitasnya saja.

“Pertimbangan jadi wagub lagi karena ini saya niatkan untuk bisa mengabdi di PDIP dan Jateng. Mengapa tidak gubernur, saya mengukur kemampuan saya dari berbagai sisi. Kemampuan saya rasanya tidak mampulah nyalon gubernur. Seiring itu saya menghormati pak gubernur (Ganjar Pranowo),” Heru membeberkan alasannya.

Mengenai formasinya nanti, apakah Ganjar dan Heru kembali berpasangan sebagai calon gubernur-wakil gubernur Jateng, Heru mengatakan tergantung keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia juga belum memastikan apakan dirinya akan memperoleh rekomendasi.

“Saya ikhlas karena yang punya otoritasĀ ibu ketua umum. Termasuk apakah bergandengan lagi dengan Pak Ganjar. Saya nggak tahu karena yang menentukan DPP. Yang tahu ibu ketua umum, saya ikut saja,” tandas Heru.


Calon Lain

Bakal calon gubernur Jateng yang sudah mendaftar via PDIP yakni Bupati Kudus Musthofa, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, dan Bupati Pemalang Junaedi.

Musthofa sejak awal menyatakan niatnya bertarung di pilkada tahun depan. Musthofa, yang juga ketua DPC PDIP Kudus, telah merumuskan slogannya: “Ngajeni Lan Ngayomi” yang artinya “menghormati dan mengayomi”.

“Kami bukan hanya sekadar memberikan janji tapi ingin membuktikan kepada publik. Ini butuh sentuhan penuh keikhlasan dan kekeluargaan. Kita harus menghormati dan mengayomi lahir batin sehingga rakyat sejahtera,” tukas Musthofa.

Keyakinan bulat mengikuti kontestasi pilkada pun sempat diutarakan Junaedi dan Wardoyo. Namun, apakah ketiganya masih memiliki keyakinan bulat pasca Ganjar Pranowo juga resmi mengikuti pilkada. ()SYK


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here