PDIP Pilih Putri Gubernur Sumsel sebagai Calon Wali Kota Palembang?

Bakal calon wali kota Palembang Lury Elza, putri Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Istimewa/ pelitasumsel.com)

PALEMBANG, PemiluUpdate.com – Putri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, Lury Elza, bakal meramaikan bursa calon wali kota Palembang. Sama dengan Wali Kota Palembang Harnojoyo dan wakilnya Fitrianti Agustinda, Lury juga dilirik PDIP.

Anak bungsu Alex sudah menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon wali kota pada Pilkada Palembang 2018.

Alex, selain memimpin Sumsel, juga Ketua DPD Partai Golkar. Dia kini menyelesaikan dua periode kepemimpinannya sebagai gubernur.

Sama dengan kontestasi pilkada di daerah lain se-Indonesia, kabupaten/kota maupun provinsi, formasi pasangan Lury juga belum jelas. Elit partai politik (parpol) hingga kini masih melakukan komunikasi politik satu sama lain.

Sebelum Lury, anak Gubernur Sumsel Alex Noerdin lainnya yakni Dodi Reza sudah lama terjun ke dunia politik. Dia pernah duduk sebagai wakil rakyat di DPRD. Presiden Sriwijaya Football Club (SFC) ini belakangan diamanahi menjadi Nupati Musi Banyuasin (Muba) periode 2017-2022.


Bakal Calon Lain

Selain Lury, nama lain yang masuk dalam bursa bakal calon (balon) kontestan Pilkada Palembang 2018 adalah Mularis Djahri dan Sarimuda. Mereka wajah baru dalam kancah perebutan kursi nomor satu di Kota Pempek.

Pada Pilkada 2013, Mularis Djahri dan Sarimuda menjadi calon wali kota-wakil wali kota Palembang. Lawannya Romi Herton-Harnojoyo. Namun keduanya harus menelan kekalahan setelah Romi Herton-Harnojoyo memperoleh suara terbanyak.

Mularis juga disebut-sebut bakal berpasangan dengan Lury. Namun Mularis mengatakan akan mempelajari tingkat elektabilitas putri Sang Gubernur. “Jika elektabilitas Lury jauh lebih tinggi, saya dukung dia jadi wali kota Palembang,” ujar Mularis beberapa waktu lalu.

Sarimuda, rival terkuat Romi-Harnojoyo pada Pilkada 2013, menyatakan tekadnya untuk memenangi ajang pemilihan umum (pemilu) di Palembang tahun depan.


Sikap PDIP

Ketua DPD PDIP Sumsel Giri Ramandha menegaskan pihaknya hingga kini belum bisa memastikan sosok yang akan memperoleh rekomendasi resmi sebagai jagoan partai. Dikatakan, bakal calon yang mendapat rekomendasi sepenuhnya tergantung restu Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri. ()OPJ


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here