Komnas HAM: Seluruh RS Harus Miliki TPS dan Petugas Khusus

Hak pilih pasien rumah sakit terakomodasi berkat TPS dan petugas khusus yang disiapkan jauh-jauh hari (Istimewa/sindonews.com)

SURABAYA, PemiluUpdate.com – Komisioner Komisi Nasional (Komnas) HAM Siane Indriani menemui langsung Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf.

Bertempat di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Komnas secara khusus meminta agar pemerintah daerah menjamin hak memilih kalangan penyandang disabilitas, penderita gangguan jiwa, tahanan di penjara, dan pasien rumah sakit.

“Komnas HAM datang untuk memantau persiapan Pilkada Jatim 2018. Ada 18 pilkada kabupaten/kota ditambah pilgub (pemilihan gubernur) Jatim. Kami ingin memastikan pilkada, termasuk di Jatim, menjamin hak memilih warga terfasilitasi,” tukas Siane menjawab pers usai pertemuan.

Komnas, menurut Siane, memberi perhatian khusus terhadap hak pilih warga yang memiliki terbatasan. Jangan sampai mereka tidak dapat mencoblos hanya karena tidak difasilitasi oleh pemerintah daerah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Yang potensial itu di rumah sakit. Sebanyak 300 rumah sakit di Jatim. TPS harus sedekat mungkin dengan rumah sakit. Begitu pula lembaga pemasyarakatan,” tutur Siane lagi.

Begitu pula, soal pemenuhan hak memilih para penyandang tuna netra. Penyelenggara pemilu harus menyiapkan template braille dalam jumlah yang cukup.

Mengenai Tempat Pemungutan Suara (TPS), Siane menambahkan TPS harus dibuka di lokasi terdekat dengan rumah sakit.

“Boleh dekat dengan rumah sakit tapi pasien jangan dibiarkan melakukan sendiri. Pasien harus didampingi petugas ke TPS. Selama ini banyak suara yang hilang di rumah sakit saat pilkada atau pemilu,” papar Siane.

Pada kesempatan yang sama, dia juga menggarisbawahi permintaan Komnas HAM kepada pemerintah daerah. Mereka diminta agar berkoordinasi secara khusus atau menyurati pengelola rumah sakit atas hak kelompok pemilih dimaksud. ()SJT


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here