Agung Suryamal Cocok jadi Figur Perekat Jawa Barat?   

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Agung Suryamal - Dok. PemiluUpdate.com)

BANDUNG, PemiluUpdate.com – Pengamat Politik Lembaga Kajian Aliansi Masyarakat untuk HAM dan Demokrasi (AMANDEMEN) Iu Rusliana menilai sosok Agung Suryamal sebagai calon gubernur Jawa Barat (Jabar) 2018. Dia cocok menjadi perekat masyakat Jawa Barat yang majemuk.

Agung adalah figur pengusaha yang kini menjabat ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat.

Polarisasi SARA dinilainya akan hilang jika Agung memimpin provinsi berpenduduk terpadat kedua di Indonesia. “Agung termasuk kandidat yang diterima semua kalangan,” kata Iu melalui rilis yang PemiluUpdate.com terima pada Senin, 7 Agustus 2017.

Probabilitas Agung, menurut Iu lagi, selalu terbuka di masyarakat Jabar. Dalam kompetisi pilkada, hal ini harus dimanfaatkan maksimal oleh tim suksesnya dan mesin partai yang mengusungnya.

Ditambahkan, Jabar membutuhkan simbol pemimpin yang bisa diterima semua kalangan. Provinsi ini sendiri secara kultur dapat dibagi tiga kelompok besar. Kultur di daerah Priangan, Pesisir Pantura, maupun kota metropolitan Bandung memiliki ciri khas berbeda.

“Masyarakat Jawa Barat sangat unik. Artinya dibutuhkan pemimpin yang bisa diterima di seluruh daerah. Kami rasa Kang Agung luwes, ya,” ujar Iu.

Menurut  Iu, atas keunggulan tersebut maka Ketua Kadin ini berpeluang menang pada Pilkada Jabar mendatang. Apalagi, dia tidak akan tergores oleh isu SARA dan intoleransi ataupun lainnya, seperti di Pilkada DKI Jakarta 2017. ()Ril 


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here