Pasangan Cabup Terkuat di Pilkada Jeneponto 2018 Versi IPI

Ilustrasi: Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di berbagai daerah di Indonesia (Istimewa)

JENEPONTO, PemiluUpdate.com – Bakal calon bupati dan wakil bupati Jeneponto mulai mengerucut. Sejumlah nama sudah memastikan akan bertarung berebut kursi nomor satu di daerah berjuluk Butta Turatea tersebut.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris membuat skema pertarungan di Pilkada Jeneponto 2018 mendatang. Menurutnya Pilkada Jeneponto bisa menjadi pertarungan dua petahana. Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan wakilnya Mulyadi Mustamu bakal bertarung pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Menurut Suwadi, kedua bakal calon petahana tersebut memiliki kans politik untuk mendulang suara terbanyak, lantaran tingkat electoral keduanya paling tinggi hingga bulan Mei 2017 ini. Tak cuma calon bupati, pasangan calon wakil bupati juga sangat menunjang untuk meraup suara.

Nama bakal calon yang menyusul dari belakang ada Wakil Ketua DPRD Paris Yasir, Muhammad Syarif Sekertaris Daerah (Sekda) dan Carlos Karaeng Lagu.

“Dukungan electoral keduanya yang paling tinggi, sedangkan potensi kuda hitam itu ada adalah Wakil ketua DPRD Paris Yasir kemudian Jeneponto dan Muhammad Syarif (Sekda), serta Carlos kr Lagu,” lanjutnya.

Sedangkan Bakal Calon (Balon) lainnya seperti Baharuddin Baso Tika Ketua NasDem Jeneponto, dan Baharuddin kr Nai masih butuh kerja keras untuk meningkatkan dukungan electoralnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, jika Partai politik pengusung bakal calon menggunakan hasil survey sebagai patokan untuk memberikan kendaraan partai, maka hanya ada dua calon yang bakal bertarung di Pilkada Jeneponto.

“Jika parpol merujuk pada hasil survei, maka kemungkinan akan terjadi Head To Head, karna survey elektabilitas Iksan Iskandar paling tinggi, dan yang berada diurutan kedua yaitu Wakil Bupati Mulyadi Mustamu,” katanya.

Hanya saja menurut Suwadi, untuk melengkapi dukungan electoral kedua petahana maka, mereka harus mencari paket pasangan yang tepat untuk dapat meraih simpati masyarakat. Keduanya tinggal mencari pasangan yang tepat, dimana harus memenuhi unsur geopolitik dan basis dukungan massa.

Untuk Iksan Iskandar cocoknya kata Suwadi, menggandeng antara Paris Yasir atau Baharuddin Kr Nai. Sedangkan Mulyadi Mustamu cocoknya menggandeng Carlos Kr Lagu atau Muh. Syarif Sekda Jeneponto. “Jika simulasi pasangan itu terwujud, maka sulit pasangan lainnya bersaing di Pilkada Jeneponto,” tutup Suwadi. ()


Sumber
: beritajeneponto.com


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here