Hanya Enam Kursi, Kemana Arah Koalisi Masagi PAN-PPP di Pilkada Kota Sukabumi?

Ilustrasi logo Koalisi Masagi PAN-PPP.

KOTA SUKABUMI, pemiluupdate.com – Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan, Minggu (30/7) besok akan mendeklarasikan Koalisi Masagi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sukabumi 2018.

Namun yang menarik dengan jumlah enam kursi, kemana arah politik kedua partai tersebut. Karena untuk mengusung pasangan calon, minimal harus memenuhi syarat tujuh kursi.

Pengamat Politik Asep Deni melihat, kemungkinan PAN dan PPP akan berkoalisi dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sangat terbuka lebar karena tinggal membutuhkan satu kursi. Bahkan bukan tidak mungkin, jika nantinya muncul pasangan calon Yanti Indri – Mulyono.

“Paling dengan Nasdem kalau cukup, sehingga sangat memungkinkan mengusung pasangan calon Yanti Indri dengan Mulyono. Karena PAN sendiri belum nampak siapa calon yang akan di munculkan,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (29/7).

Disisi lain Partai Kebangkitan Bangsa yang memiliki satu kursi, jalinan komunikasi dengan Mohamad Muraz dari Partai Demokrat lebih bagus. Terlebih dengan jumlah enam kursi relatif bagus dan bisa bersama-sama berkoalisi dengan partai lainnya.

“Kita apresiasi langkan PAN dan PPP cukup bagus dengan membangun komunikasi politik dan melakukan deklarasi koalisi lebih awal, sehingga semakin nampak peta politik Pilkada di Kota Sukabumi,” jelas Asep Deni.

Menurutnya, langkah politik yang dilakukan PAN berkoalisi dengan PPP sebenarnya menaikkan posisi tawar untuk bisa menjadi bagian dari pengusung pasangan calon denga parpol lainnya.

“Melihat parpol sekarang tidak ada yang mandiri untuk bisa mengusung pasangan calon sendiri, harus ada keberanian untuk membangun koalisi,” pungkasnya. ()Herry Febrianto

Sumbersukabumiupdate.com
Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here